Perdagangan luar negeri Cina menjadi lebih kuat dari yang diperkirakan dengan “rebound” yang tidak diduga pada bulan September, menunjukkan membaiknya permintaan eksternal dan stabilisasi menurunnya pertumbuhan secara tajam dalam beberapa bulan sebelumnya. Demikian ditunjukan data bea cukai pada hari Senin (13/10). 

Ekspor pada bulan September meningkat sebesar 15,3 persen tahun-ke-tahun menjadi 213,7 milyar dollar AS, mematahkan ekspektasi analis sebesar 12 persen. Impor juga naik 7 persen dari tahun sebelumnya menjadi 182,7 milyar dollar AS dibanding estimasi kejatuhan 2-4 persen.

Para analis ekonomi menyebut data perdagangan terbaru RRC ini “pembalikan dengan kejutan besar,” dengan mengatakan bahwa “rebound” secara signifikan dalam perdagangan membantu meringankan kekhawatiran lemahnya pertumbuhan ekonomi China. Dikatakan, angka pertumbuhan ekonomi RRC yang tidak terduga ini juga mencerminkan langkah-langkah terbaru oleh pemerintah untuk mendorong pertumbuhan, serta penjualan properti sudah efektif.

Lihat selengkapnya: http://www.chinadaily.com.cn/business/chinadata/2014-10/13/content_18731797.htm